Mengenal dan Melestarikan Lagu Daerah Jambi

Minggu, 22 April 2012


Remaja mana yang nggak mengenal lagu Baby-Justin Bieber atau I Heart You dari SM*SH. Mulai dari yang tua, remaja sampe anak-anak tau dan bahkan hafal lagu tersebut. Tapi coba tanyakan tentang lagu Injit-injit Semut, Batanghari, Dagang Manumpang, Selendang Mak Inang, pasti hanya sedikit yang tau lagu-lagu tersebut. Padahal lagu-lagu tersebut adalah lagu daerah kita, Jambi.

Lagu-lagu daerah Jambi tidak hanya yang saya sebutkan di atas, tetapi masih banyak lagi. Taukah anda? Mau kah anda mencari tahu nya?

Derasnya budaya asing yang masuk ke Indonesia memang tidak dipungkiri banyak mempengaruhi kebudayaan kita, termasuk lagu-lagu. Bagaimana tidak, televisi nasional pagi-pagi sudah menayangkan  acara musik yang didominasi lagu cinta dan lagu orang dewasa. Kalaupun ada lagu anak, gaya anak yang menyanyikanpun meniru-niru orang dewasa. Jadi mungkin terlihat wajar bahwa anak jaman sekarang kurang bahkan tidak mengenal lagu daerahnya sendiri.

Sebagai mahasiswa saya juga baru menyadari bahwa lagu daerah adalah salah satu kebudayaan dan bentuk kesenian tradisional yang harus dilestarikan. Terutama lagu daerah tempat kita lahir dan tinggal, Jambi. Namun tidak pernah ada kata terlambat untuk memberikan apresiasi terhadap budaya kita sendiri. 

Banyak cara kita sebagai mahasiswa dan pelajar Jambi dalam mengekspresikan ragam budaya Jambi terutama lagu-lagu daerah dalam kehidupan sehari-hari. Pertama, mulai lah mencari tahu apa-apa saja lagu daerah Jambi. Dengan akses internet yang sekarang sudah sangat gampang, informasi dengan mudah akan kita dapat. Tetapi mungkin lebih asyik jika kita bertanya langsung kepada budayawan atau orang yang sudah paham tentang lagu daerah Jambi. Kedua, mulailah untuk mendengar dan mendendangkan lagu daerah kita sendiri. Jika dalam list mp3 handphone kita banyak lagu-lagu penyanyi luar negeri, cobalah untuk menambahkan list mp3 tersebut dengan lagu-lagu daerah Jambi. Jika kalian mendengarkan dengan baik, lagu daerah jambi tidak kalah enaknya dengan lagu-lagu lain. Irama musik melayunya yang dominan, liriknya yang bermakna mengandung nilai moral dan nilai sejarah daerah Jambi, seperti lagu Batanghari.

Yang ketiga, ketika diri kita sendiri sudah paham akan lagu-lagu daerah Jambi, mulailah untuk mengenalkannya kepada orang-orang terdekat dalam lingkungan kita seperti kakak, adik, dan teman-teman. Keempat, alangkah bagusnya jika lagu daerah kita menggaung dalam kompetisi-kompetisi baik tingkat sekolah/kampus, regional, nasional bahkan internasional. 
 
Nah, begitulah seharusnya kita sebagai masyarakat Jambi turut memelihara kebudayaan dan kesenian daerah kita sendiri. Karena kalau bukan kita, siapa lagi? Jangan sampai heboh membela kebudayaan dan kesenian daerah Jambi ketika sudah diklaim oleh negara tetangga.

7 komentar:

  1. hii…. blognya kren..infornya bnr2 bermanfaat.
    Senang sekali menemukan blog yg peduli pada dunia anak...
    Saya juga punya sebuah blog yg byk membahas tentang anak2, terutama dunia lagu anak…
    anda juga bisa donlot lagu anak gratis di sana..klo anda juga peduli pada lagu anak, silakan donlot lagu2 anak di
    klik http://lagu2anak.blogspot.com
    kunjung balik ya…
    tuker link juga boleh kalo tidak keberatan…

    Salam cinta lagu2anak…

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak zepe terimakasih atas kunjuangan dan komentarnya. iya saya suka lagu daerah dan lagu anak nanti akan saya kunjungi balik dan saya download lagu2 nya. :D

      Hapus
  2. tulisannya kereeen!!! Jambi Kereeen!!! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe makasih sudah baca dan mampir ya albooot :D

      Hapus

Jangan cuma bisa ninggalin kenangan, tinggalin komentar juga dong ^_^

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS