Thank You 2012, Welcome 2013 [Enny Luthfiani]

Selasa, 08 Januari 2013

"Akan ada lebih banyak warna"



2012 itu tahun yang penuh warna bagi aku, kayaknya semua warna di dunia ini ada di tahun 2012. Sebelumnya ada yang tau nggak di dunia ini ada berapa banyak warna sih? Aku taunya Cuma 12 itupun nyontek di kotak crayon punya anak tetangga.

Sebagai seorang anak tujuan hidup di dunia ini adalah untuk membahagian orang tua karena kalau mau membahagiakan anak dan suami belum punya. Di tahun 2012 aku dapat kalimat yang sangat menyentuh dari orangtua aku “Makasih ya nak, udah bikin mama papa bangga”. Anak mana sih yang nggak meleleh disaat orangtuanya bilang kalimat kayak gitu.

Kalimat itu meluncur ketika aku lulus sebagai CPNS di Kementrian Hukum dan Ham sebagai sipir. Jujur, dalam hidup aku nggak pernah punya mimpi atau sekedar kepikiran untuk kerja sebagai sipir atau bahkan di bidang hukum. Sebelumnya aku membayangkan suatu hari nanti aku akan dipanggil bu guru oleh murid-muridku, mengajar dengan sepenuh hati di sebuah sekolah. Tapi ternyata Allah punya rencana lain.

Aku ingat di bulan juli 2012, aku ditawarin papa untuk ikut tes menjadi PNS yang dibuka oleh Kemenkumham. Aku sih iya-iya aja karena nggak mau ngecewain papa, lagian aku pikir belum tentu aku lulus. Semua orang juga tahu kan tes PNS itu nggak gampang. Aku juga males-malesan untuk melengkapi syarat dan bahan yang diperlukan untuk mendaftar tes PNS itu. Papa aku malah yang penuh semangat mengajak dan menemani ngurus berkas ini itu. Jadinya aku nggak tega untuk menghilangkan raut semangat dan harapan di wajah papa agar anaknya ini lulus.

Ternyata aku emang lulus bahan, kemudian lanjut tes kesemaptaan. Aku inget banget tes kesemaptaan waktu itu dimana aku dan peserta lain harus buka baju tanpa sehelai benangpun untuk memastikan kepada panitia kalau nggak ada sedikit tatto pun di tubuh aku. Rasanya waktu tu geli banget meski tes nya di ruang tertutup, panitianya juga seorang ibu-ibu. Tapi ibu itu galaknya minta ampun pakek acara ngebentak-bentak. Waktu itu aku berdoa semoga gak lolos jadi nggak akan bisa ketemu ibu itu lagi. 

Abis tes tatto lanjut tes fisik berupa lari 1400 m, sit up, push up, shuttle run. Aku ngejalaninya biasa aja. Nggak terlalu bersemangat tapi juga nggak terlalu loyo karena lagi-lagi nggak mau ngecewain papa yang setia nungguin aku selagi aku ngejalani tes kesemaptaan. 

Lagi-lagi semesta kayaknya setuju dengan harapan papaku, aku lulus tes kesemaptaan, lanjut tes tertulis dan hasilnya akhirnya di bulan oktober aku LULUS sebagai CPNS golongan IIA  di Kemenkumham sebagai sipir di wilayah provinsi Jambi.

Rasanya campur aduk. Ada perasaan senang dan bahagia meskipun ini bukan jalan yang aku inginkan tapi setidaknya ini membuat mimpi aku selama ini untuk bikin orangtua bahagia bisa terwujud. Sedih juga aku nggak bisa mencapai mimpi aku untuk jadi seorang guru. Aku harus pindah kuliah. Pisah sama temen-temen dan segudang kegiatan kampusku.

Aku menganggap ini anugrah dari Allah SWT, nggak semua orang seberuntung aku kan. Lagian karena aku lolos aku dibeliin handphone yang aku idam-idamkan. Karena aku lulus dan pindah kuliah, sahabat yang selama ini aku suka nembak aku karena dia juga suka dan nggak mau kehilangan aku sebelum terlambat, mhuehehehe.

Meski harus melepas semua comfort zone aku di tahun 2012, aku semangat banget menghadapi tahun 2013 ini.

Sekarang aku lagi jadi pengangguran nungguin SK (Surat Keputusan) untuk memulai kerja keluar. Selama nganggur aku malah bisnis jualan aksesoris ke temen-temen aku. Aku ngerasain serunya jualan, dan punya mimpi nanti beneran punya toko aksesoris dan jadi pengusaha juga selain jadi PNS.

Aku juga harus pindah kuliah dari jurusan pendidikan matematika ke jurusan Hukum biar nyambung sama kerjaan aku, kalau udah S1 nanti kan bisa naik golongan. 
Meski sedih ninggalin temen-temen, kegiatan organisasi, dosen dan juga pacar di kampus aku yang lama tapi aku tetep semangat nanti untuk ketemu temen, dosen dan kegiatan baru kalau aku pindah kampus nantinya.

Di 2013 ini aku berjanji untuk menjadi pegawai negri yang baik, aku mau lanjut kuliah lagi, aku mau beliin mama papa barang dari hasil keringat kerja aku, aku harus semangat LDR dengan pacar kalau nanti aku dapat dinas kerjanya di tempat yang jauh, aku tetap mau bisnis kecil-kecilan, aku juga mau jadi penulis, pokoknya setiap hari di 2013 ini harus jadi hari yang produktif dan alhamdulillah sampai hari kedelapan di bulan pertama aku merasa hari-hari yang aku jalani sangat produktif.

Aku berharap di 2013 akan ada lebih banyak warna nggak sekedar 12 warna kayak di kotak crayon.
Semangat untuk 2013,

MERDEKA!



6 komentar:

  1. Wah luthfi .. aku baru tahu kalo kamu lulus tes CPNS kemaren, selamat ya :) aku malah gagal. hiks. doain yah, bs nyusul kamu jdi PNS.
    Btw, good luck buat kerjaan baru-nya, jurusan barunya,, dan mari sama2 wujudin mimpi jadi penulis. semoga 2013 memberi lebih dari 12 warna dr crayon tetangga kamu ya. hihi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi makasih kakak kece :)
      siip, cepet nyusul jd PNS kak hihi
      iya AMiiin.. amiiin.
      thankiss kak ikaaaa :D

      Hapus
    2. oh ya, satu lg... LDR-annya langgeng smpe married. Amien Ya Allah. :)

      Hapus
  2. “Makasih ya nak, udah bikin mama papa bangga”...
    mudah mudahan untuk saya sebaliknya..:D

    BalasHapus
  3. selamat ya eni,,,kmu dh jdi PNS,,smoga bisa abdi negara yg baik,,kmren aku jg ikut tes pns,,tpi aku gagal..:(
    smoga bisa mnjadi anak yg sllu mmbanggakan orang tua,,:)

    BalasHapus
  4. Kak enny, aq ngAdd fb nya kakak tp belum di konfirmasi,
    Soalnya aq juga lagi ikutan seleksi cpns di kemenkumham, terus ada beberapa hal yang mau aq tanyain sm kak enny. :D

    BalasHapus

Jangan cuma bisa ninggalin kenangan, tinggalin komentar juga dong ^_^

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS